Selamat Datang Di Blog Elektronika SMKN5 ..... Media kolaborasi semua siswa Teknik Audio Video & Teknik Elektronika Industri... Upload hasil karya asli TERBAIK ANDA di sini ... Posting anda menjadi salah satu penilaian pendukung ...

Rabu, 26 Juni 2013

Multimeter,breadboar,PCB,osscilloscope,power supply,aktif low aktif high

Materi-materi pelajaran teknik elektronika industri

  Materi pertama
Multimeter/multitester
             Multimeter terbagi menjadi 2 yaitu multimeter analog dan multimeter digital. Multimeter analog adalah multi yang pembacaan hasil ukurnya menggunakan penunjuk  jarum, kalau multimeter digital adalah yang hasil pembacaan nya berupa angka. Skala-skala yang terdapat pada multimeter analog  yaitu skala OHM (Ω), skala VOLT (V) “AC & DC VOLT” , dan skala Ampere Meter (A).
Fungsi multimeter adalah dapat mengukur tegangan AC/DC,mengukur arus DC,mengukur kaki komponen,mengecek komponen-komponen elektronika,dll.

Materi kedua
          Breadboard/project board
             Breadboard adalah alat elektronika yang berfungsi dapat dengan mudah memasang,memperbaiki dan mengubah suatu rangkaian yang masih belum sempurna atau salah hubung. Breadboard juga disebut sebagai project board yang dapat dipakai berbagai macam komponen elektronika yang berbeda seperti IC,transistor,dioda,resistor,kabel,dll.

Materi ketiga
          Papan PCB
             PCB adalah sebuah papan yang penuh dengan komponen-komponen elektronika yang tersusun membentuk rangkaian elektronika. Kepanjangan dari PCB adalah Printed Circuit Board.
PCB dilapisi lapisan tembaga untuk menghubungkan antar kaki komponen elektronika.


Materi keempat
          Oscilloscope
          Oscilloscope adalah alat ukur elektronik, yang digunakan untuk melihat bentuk gelombang dari tegangan,yang berbentuk sinus maupun bukan sinus.
Oscilloscope menampikan bentuk gelombang tegangan listrik arus bolak balik yang berasal dari generator pembangkit tenaga listrik, maupun yang berasal dari power supply .
Hanya Beberapa tombol dan fungsi atau terminal pada oscilloscope yang saya ketahui, seperti :
.Vertical input, untuk channel A
. CH-A position, untuk chanel A
. CH-B position, untuk chanel B
. GND,untuk ground
. CAL, Untuk terminal kalibrasi
. Mode
CH-A, untuk saluran A
CH-B, untuk saluran B
DUAL, untuk Saluran A dan B
ADD, untuk menjumlahkan saluran A dan B
.Source, untuk pemilihan sinyal
INT, penjumlahan saluran dari sinyal A dan sinyal B
CH-A, untuk sinyal dari saluran A
CH-B, untuk sinyal dari saluran B
AC, untuk sumber sinyal AC
EXT, untuk sinyal luar
. Power ON – OFF
. Volts/div
. Volts/div variabel
. Focus, untuk mengatur keluaran gelombang yang bagus
. Intensity, untuk mengatur kecerahan gelombang
. Sweep time/div
. Sweep time/div variable.

Materi kelima     
Power supply
              Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengukur tegangan langsung ke komponen dalam cashing yang membutuhkan tegangan seperti misalnya Motherboard. Power supply jenis-jenisnya adalah power supply AT dan power supply ATX.

Materi keenam
      Aktif low dan aktif high pada Mikrokontloler
              Pada mikrokontroler terdapat pin-pin yang berfungsi sebagai input atau output, jika berfungsi sebagai input biasanya disebut “PIN” dan jika berfungsi sebagai output biasanya disebut “PORT”. Pin-pin pada mikrikontoler biasanya mempunyai fungsi/kegunaan khusus namun pin tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu, jika tidak diaktifkan pin-pin tersebut hanya akan berfugsi sebagai input atau output digital, itupun hanya biner (bernilai 1 atau 0). Contoh: pada PINA/PORTA ATmega 16 mempunyai fungsi khusus yaitu sebagai ADC (Analog Digital Conveter), jika fungsi ADC tidak diaktifkan maka pin tersebut hanya akan berfungsi sebagai input atau output digital.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar