Selamat Datang Di Blog Elektronika SMKN5 ..... Media kolaborasi semua siswa Teknik Audio Video & Teknik Elektronika Industri... Upload hasil karya asli TERBAIK ANDA di sini ... Posting anda menjadi salah satu penilaian pendukung ...

Senin, 24 Juni 2013

Mengecek baik tidak nya komponen LED (Light Emiting Diode)

Assalamualaikum Wr.wb.
 Pada pstingan peratama saya ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya di dalam bidang Elektronika, Yaitu membahasa tentang Mengecek komponen elektronika LED (light emiting Diode).

Pada dasarnya LED adalah komponen yang apabila dialiri arus listrik akan menghasilkan cahaya, dalam LED ada Kaki positif dan negatif untuk mengetahui yang mana kaki positif dan negatif lihat gambar di bawah :



Untuk Mengecek kita akan menggunakan Multimeter :

Langkah 1.
Masukkan Kabel probe pada multimeter, yang merah ke positif dan hitam ke negatif


Langkah 2.
Atur selector ke batas ukur OHM

  

Langkah 3.
Letakan kabel probe negatif (hitam) ke kaki LED positif, dan sebaliknya kabel probe positif (merah) ke kaki LED negatif 




Nah apa bila LED Menyala maka LED bisa di katakan baik, dan sebalik nya bila LED mati maka LED dikatakan rusak .

Sekian postingan dari saya ini semoga bermanfaat bagi kita semua, kalau ada kesalahan dan kekurangan mohon di maafkan, sampai di sini saya ucapkan terima kasih wassalamualaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar