Selamat Datang Di Blog Elektronika SMKN5 ..... Media kolaborasi semua siswa Teknik Audio Video & Teknik Elektronika Industri... Upload hasil karya asli TERBAIK ANDA di sini ... Posting anda menjadi salah satu penilaian pendukung ...

Rabu, 12 Juni 2013

SMKN5 Banjarmasin

SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin - Informasi Umum

Sejarah Singkat - SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin adalah kependekan dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Banjarmasin yang berlokasi di Jl. Mayjen. Sutoyo S 330 Banjarmasin. SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin yang sering juga dituliskan SMKN 5 Banjarmasin atau SMKN5 Banjarmasin merupakan bagian dari kelompok sekolah menengah setingkat SMA dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin yang menyelenggarakan berbagai pendidikan kejuruan teknologi dan informatika dan hingga saat ini (Juni 2013) mendidik siswa-siswanya dalam 13 (tiga belas) kompetensi keahlian. 

gedunginduk_smkn5_banjarmasin
Gedung Induk SMKN5 Banjarmasin
SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin yang pada saat posting ini ditulis tampak megah seperti nampak pada gambar di samping ini, pada awalnya adalah sekolah swasta yang dijalankan oleh yayasan sehingga pada awal berdiri hingga memperoleh SK perubahan status negeri bernama STM Hastemsin.
Berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas No. 298 tahun 1978 bertanggal 15 September 1978 STM Hastemsin berganti status dan nama menjadi STM Negeri Banjarmasin. Sejak perubahan status tersebut SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin yang pada saat itu masih bernama STM Negeri Banjarmasin, mendapatkan bantuan di bawah kerjasama pemerintah Republik Indonesia dengan Asian Development Bank (ADB) yang meliputi peralatan-peralatan praktek dan juga tenaga-tenaga pendidik/guru profesional.

Transformasi SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

Setelah melalui perjuangan sebagai sekolah yang memenuhi Standar Nasional, tahun 2009 s.d. 2013 SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin kembali memperoleh kepercayaan pemerintah menjadi salah satu dari 90 SMK RSBI se Indonesia dan memperoleh bantuan-bantuan baik untuk perbaikan dan pembangunan fisik gedung,pengadaan peralatan dan juga pengembangan-pengembangan kemampuan pendidik dan kesiswaan.
Hasil dari berbagai pengembangan dan pembangunan yang dilaksanakan SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin secara berkelanjutan dari tahun ke tahun hingga tahun kelulusan 2013 ini, SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin telah melahirkan alumni-alumni yang sukses baik mereka yang bekerja di kantor-kantor pemerintah, bekerja di industri-industri swasta nasional dan internasional maupun mereka yang sukses berwirausaha mengembangkan usahanya sendiri.

 Prestasi Internasional SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

abdul_khair_asc_2004_smkn5banjarmasin
Sertifikat a.n. Abdul Khair (Elektronika SMKN5)
Peraih Medali Perak ASC V 2004
Keberhasilan lain yang tidak kalah membanggakan dapat diraih ketika SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin berhasil menorehkan prestasinya di tingkat internasional / ASEAN melalui program studi Teknik Elektronika Kompetensi Teknik Audio Video SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin dengan meraih MEDALI PERAK sebanyak DUA KALI pada ajang ASEAN Skill Competition (ASC).Medali perak pertama diraih oleh Abdul Khair, siswa/alumni Teknik Elektronika / Teknik Audio Video pada ajang ASC ke V yang diselenggarakan di Vietnam pada tahun 2004. 

mzaini_smkn5banjarmasin_medaliperak_2012
M. Zaini, peraih medali perak
Medali perak ke dua di raih oleh siswa/alumni Teknik Elektronika / Teknik Audio Video atas nama Muhammad Zaini juga pada ajangASEAN Skill Competition (ASC) yaitu ASC ke IX pada akhir tahun 2012 lalu di Jakarta, Indonesia.

  

Visi & Misi SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

Visi SMKN5 :

 Terciptanya insan cerdas yang beriman ,bertaqwa, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu berkompetisi di dunia global 

Misi SMKN5 :

1.             Menyelenggarakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, effektif dan menyenangkan.
2.             Menyelenggarakan manajemen dengan standar Internasional dengan menerapkan system  manajemen mutu ISO 9001: 2008 secara konsisten
3.             Membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang sesuai dengan tantangan global.
4.             Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan cerdas spiritual, cerdas emosional dan cerdas intelektual.  

Tujuan SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

  1. Memenuhi 100% Standar Nasional Pendidikan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mandiri dan dapat mengisi lapangan pekerjaan dunia usaha dan industri serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih 
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai teknologi.
  4. Menghasilkan manajemen sekolah sesuai dengan prinsip Total Quality Control dan Total Quality Manajemen.

Motto SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

RELIGIUS, DISIPLIN, KUALITAS DAN PROFESIONAL

Kepala Sekolah SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

Sejak tahun 2010 yang lalu hingga posting ini ditulis, SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin dipimpin oleh Kepala Sekolah yang dibesarkan di lingkungan SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin sendiri yaitu Drs. Syahrir, MM. yang telah bertugas di SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin sejak tahun 1992.
Drs. Syahrir MM, yang dilahirkan di Sinjai, menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1) di FPTK IKIP Padang. Kepiawaian yang kemudian mendorong beliau semakin melejit dalam kepemimpinannya di SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin adalah kemampuan/keahlian menejemen yang diperoleh beliau setelah menyelesaikan pendidikan selama 2 tahun di Jerman.

Akreditasi dan Kompetensi Keahlian SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

Sampai dengan saat posting ini di tuliskan, SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin membina 13 (tiga belas) kompetensi keahlian yang secara lengkap dapat dilihat pada tabel berikut:

Kompetensi Keahlian
Akreditasi
Tahun
diakreditasi
Teknik Kontruksi Kayu
BLM
-
Teknik Kontruksi Batu Dan Beton
B
2009
Teknik Gambar Bangunan
B
2009
Teknik Survei Dan Pemetaan
A
2012
Teknik Audio-Video
A
2009
Teknik Elektronika Industri
BLM
-
Teknik Instalasi Tenaga Listrik
A
2009
Teknik Pemesinan
A
2009
Teknik Pengelasan
BLM
-
Teknik Kendaraan Ringan
A
2009
Teknik Sepeda Motor
BLM
-
Teknik Alat Berat
BLM
-
Teknik Komputer Dan Jaringan
A
-

Sertifikasi Menejemen SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin 

smkn5banjarmasin_iso
Berkat usaha keras dan kerjasama berbagai pihak terkait di sekolah, sejak tahun 2009 SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin berhasil meraih sertifikasi internasional dalam bidang menejemen atau pengelolaan / ketatausahaan yaitu sertifikasi ISO 9001:2000.
Pada tahun 2010 SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin berhasil mempertahankan sertifikasi ISO yang semula sudah diraih dan bahkan ditingkatkan khusus dalam pengelolaan lembaga pendidikan yaitu dengan sertifikasi ISO 9001:2008.
Pemberlakuan sertifikasi ini menunjukkan bahwa pelaksanaan berbagai aktifitas dan kegiatan-kegiatan di SMK Negeri 5(SMKN5) Banjarmasin telah dibakukan semuaprosedur dan tata caranya. Hal ini dilakukan untuk memberi GARANSI kepada seluruh masyarakat bahwa penanganan pendidikan putra-putri mereka dari seluruh Kalimantan Selatan benar-benar ditangani dengan penuh tanggung jawab.

Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Negeri 5 (SMKN5) Banjarmasin

maaf cape ... akan dilanjut segera...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar