Selamat Datang Di Blog Elektronika SMKN5 ..... Media kolaborasi semua siswa Teknik Audio Video & Teknik Elektronika Industri... Upload hasil karya asli TERBAIK ANDA di sini ... Posting anda menjadi salah satu penilaian pendukung ...

Kamis, 27 Juni 2013

materi resistor dan sensor



Resistor
Resistor dapat menahan arus listrik yang masuk pada suatu rangkaian. Resistor sering diidentikkan dengan hukum Ohm dan hukum Kirchoff. Hukum Ohm berbanding lurus dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan hambatan itu adalah bunyi hukum Ohm yang saya ketahui dan saya pelajari ada pula bunyi hukum Kirchoff yaitu jumlah kuat arus yang masuk pada suatu titik percabangan sama dengan kuat arus yang keluar dari titik percabangan. Setelah kita mengetahui arti dari hukum Ohm dan hukum Kirchoff kita akan kembali pada resistor berikut adalah gambah resistor yang saya cari digoogle.


 
Pada gambar di atas terlihat ada beberapa warna atau sering disebut dengan gelang warna pada resistor, gelang warna itu dapat membantu kita agar kita tau berapa nilai resistor tersebut, ini adalah gambar yang saya cari diinternet mengenai gelang warna resistor

Pada gambar diatas sudah tertera secara jelas tentang nilai gelang warna pada resistor tersebut.
Salah satu jenis Resistor adalah Potensiometer ( variabel resistor ).
 

Potensiometer adalah salah satu jenis resistor ( variabel resistor ) yang sering kita gunakan


gambar 3 variabel resistor ( potensiometer ) id.wikipedia.org
resistor,potensiometer resistannya dapat diubah – ubah dengan cara memutar poros yang ada pada body potensio. Resistor sering dilambangkan dengan huruf ‘R’ resistor itu merupakan komponen pasif.
Itu saja yang saya ketahui mengenai resistor.
ada beberapa rumus yang digunakan dalam hukum Ohm yaitu :
V = IR  DAN  I = V/R
Dan ada beberapa rumus dalam hukum kirchoff yaitu :

 
 gambar 4 rumus hukum kirchoff dc392.4shared.com


Sensor
Selain membahas tentang Resistor saya juga mambahas tentang Sensor
Sensor menurut pendapat saya merupakan sepasang mata manusia yang bertugas membaca dan mendeteksi data yang ada disekitar kita.
Ada beberapa jenis sensor yaitu sebagai berikut :
1.       Sensor suhu.
2.       Sensor cahaya.
3.       Sensor tekanan.
4.       Sensor suara dll.


                              gambar 5 macam – macam sensor www.societyofrobots.com


  


yang sering saya lihat dan saya pernah menggunakannya adalah sensor cahaya ini adalah gambar sensor cahaya :
sensor cahaya adalah mengubah besaran cahaya menjadi besaran listrik. Ini adalah gambar sensor cahaya yang saya dapat di internet tepatnya di google:

cara kerja dari sensor cahaya atau disebut light dependent resistor adalah pada saat sensor cahaya pada keadaan gelap maka sensor tersebut akan bekerja dan dapat menghidupkan lampu yang sedang mati,itu yang saya tau mengenai sensor.

Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai resistor dan sensor terima kasih atas perhatiannya.   

                                                             gambar 6 sensor cahaya ( LDR ) elektronikadasar.infocom




Tidak ada komentar:

Posting Komentar