Selamat Datang Di Blog Elektronika SMKN5 ..... Media kolaborasi semua siswa Teknik Audio Video & Teknik Elektronika Industri... Upload hasil karya asli TERBAIK ANDA di sini ... Posting anda menjadi salah satu penilaian pendukung ...

Senin, 03 Juni 2013

Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Banjarmasin

Pengertian Teknik Audio Video

Teknik Audio Video adalah salah satu nama kompetensi keahlian atau jurusan yang ada di SMK Negeri 5 Banjarmasin. Teknik Audio Video merupakan satu dari tiga kompetensi keahlian dalam bidang keahlian elektronika pada konsep kurikulum 2006 yang lalu dan hingga saat ini masih berjalan. Teknik Audio Video  mengkhususkan pembahasan atau pembelajaran tentang hal-hal teknik elektronika yang berkait dengan suara (audio) dan gambar (video) yang diproses secara elektronik. 
Teknik audio video SMK Negeri 5 Banjarmasin mendidik dan melatih peserta didik / siswa tentang ilmu pengetahuan teknologi yang berkaitan dengan berbagai peralatan yang memproses sinyal suara dan sinyal gambar seperti ... amplifier, radio, cassette deck, televisi, VCD / DVD, membuat rekaman audio dan membuat rekaman video, merakit peralatan audio seperti mixer audio, amplifier menginstall/memasang dan atau memperbaiki peralatan audio.
Walaupun demikian kompetensi keahlian Teknik Audio Video juga mengajarkan perakitan komputer personal bagi peserta didiknya. 
Teknik Audio Video pada kurikulum 2013 yang akan diberlakukan bagi klas X merupakan salah satu paket keahlian pada Program Keahlian Teknik Elektronika. Selain Teknik audio video tersebut dalam kurikulum 2013 ini terdapat 4 (empat) paket keahlian elektronika lainnya. Secara lengkap Program Keahlian Teknik Elektronika kurikulum 2013 terdiri atas paket keahlian :
  1. Teknik Audio Video
  2. Teknik Elektronika Industri
  3. Teknik Elektronika Komunikasi
  4. Teknik Mekatronika
  5. Teknik Ototronik

Prestasi Internasional Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Banjarmasin

teknikaudiovideosmkn5banjarmasin
Muhammad Zaini,
Medali Perak ASC IX 2012
Sejak di,buka pertama kali pada tahun 1987 dengan nama Jurusan Elektronika dan selanjutnya seiring kebijakan pemerintah berganti istilah menjadi Teknik Audio Video, Program keahlian teknik audio video ini telah menorehkan prestasi yang membanggakan. Prestasi diawali dari ajang Lomba Keteampilan Siswa / LKS tingkat Nasional tahun 2003 dimana siswa klas 3 atau klas XII a.n. Abdul Khair berhasil merebut Juara 2 LKS Tingkat Nasional. Pada ajang seleksi berikutnya Khair berhasil unggul dan menjadi duta bangsa pada ajang ASEAN Skill Competition V tahun 2004 di Vietnam. Pada ajang kompetisi ASC inilah  siswa/alumni Teknik Audio Video / Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Banjarmasin pertama kali menorehkan prestasi internasional berhasil meraih medali perak melalui tangan terampil Abdul Khair.

Siswa/alumni Teknik Audio Video / Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Banjarmasin kembali menorehkan prestasi Internasional / ASEAN di akhir tahun 2012 yang lalu dengan meraih medali perak dalam ASEAN Skill Competition ke IX yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta. Siswa yang saat itu telah lulus dan menjadi alumni Teknik Audio Video / Teknik Elektronika SMK Negeri 5 Banjarmasin adalah a.n. Muhammad Zaini yang lulus tahun 2010.  Muhammad Zaini yang akrab dipanggil Zai oleh teman-temannya berhasil menyisihkan calon kompetitor lain dari seluruh Indonesia hingga di babak akhir Seleksi Tingkat Nasional dan menyisakan 3 orang kandidat kompetitor ASEAN Skill Competition dan meraih posisi runner up hingga ikut serta di kirim mewakili Indonesia di ajang unjuk kemampuan tenaga kerja muda dari Indonesia dalam bidang Electronic Application.

Di akhir bulan Mei 2013 tepatnya pada tanggal 27 s.d. 29 Mei 2013 bibit prestasi internasional kembali dilahirkan oleh Teknik Audio Video dan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 5 Banjarmasin. Dua orang alumni dari Teknik Audio Video dan Teknik Elektronika Industri serta satu orang siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri berhasil menyapu bersih tiga peringkat teratas dalam Ajang Seleksi Daerah Calon Kompetitor ASC ke X dengan total nilai yang meyakikan 95,66 dibawah penilaian tim juri yang dipimpin Juri Tingkat Nasional, M. Satiri.


teknik_audio_video_&_elektronika_industri_smkn5_juara_selekda_ASC_2013
Juara 1,2 dan 3 (baju biru dari kanan)
berfoto bersama Kepala Disnakertrans Propinsi Kalimantan Selatan.


Juri Nasional Bp. M. Satiri, didampingi peraih medali perak
ASC 2012 Muhammad Zaini, di sela-sela acara Selekda ASC
propinsi Kalimantan Selatan, 27 s.d. 29 Mei 2013.


3 komentar:

  1. saya banngga mnjdi siswi smkn 5 banjarmasin yang memiliki banyak teknik dibidang keahlian saya harap smga siswi maupun siswa nya dapat mengembangkan skilnya serta terus selalu belajar dan belajar,,,dan yang paling penting tetap menjalankan amanah akidah islam (sholat) ......

    BalasHapus
  2. Trims Nixen Wulandari ... sudah berkunjung ... disinilah tempat kita semua berlatih menuliskan apa yang berhasil kita pelajari ... ditunggu postingnya ya ...

    BalasHapus
  3. ya bapa
    pastinya saya akan ceritakan apa saja ilmu yang saya dapat di smkn 5 banjarmasin ini ....

    BalasHapus