Selamat Datang Di Blog Elektronika SMKN5 ..... Media kolaborasi semua siswa Teknik Audio Video & Teknik Elektronika Industri... Upload hasil karya asli TERBAIK ANDA di sini ... Posting anda menjadi salah satu penilaian pendukung ...

Selasa, 28 Mei 2013

EKA MEI ANDARI

CONTOH SEDERHANA RANGKAIAN TRANSISTOR SEBAGAI SWITCHING REGULATOR

Fungsi komponen pada rangkaian diatas sebagai berikut :
a. Transistor dirangkaian ini sebagai saklar pada regulator. Transistor akna mengalami cut off, jika arus yang melalaui basis sangat kecil sekali, sehingga colector dan emitor akan seperti kawat terbuka. Transistor akan mengalami jenuh, jika arus yang melalui basis sangat besar sekali, sehingga colector dan emitor akan seperti kawat tertutup.
b.Resistor dirangkaian ini sebagai pemberi bias basis kepada transistor.
c. Induktor dirangkaian ini sebagai pemberi gelombang bias kepada transistor


Cara kerja rangkaian diatas.
Saat tidak ada arus yang mengalir dari transistor, maka arus DC mengalir melalui resistor ke basis transistor dan transistor akan bekerja.
Arus akan mengalir dari kutub positif ke kutub negatif. Kerja induktor rangkaian itu sebagai pemberi GGL/gelombang kebasis transistor dan akan terus mengalirkan arus. Ketika transistor mengalirkan arus terus menerus transistor akan mengalami titik jenuh. Pada saat itulah transistor tidak bekerja, akan tetapi resistor akan memberikan bias basis kepada transistor dan transistor akan bekerja lagi dan seterusnya.











1 komentar: